Teknologi Grafis Dalam Pembuatan Film Animasi
Animasi berasal dari bahasa latin, anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Animasi ialah suatu seni untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak, yang terdiri dari animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi yang merupakan salah satu bagian dari grafika komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif. Animasi biasa dimanfaatkan untuk menarik perhatian pemakai komputer dibagian tertentu dari layer, memvisualisasikan cara kerja suatu suatu alat, menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang lebih menarik dibandingkan bila hanya berupa sederetan angka, serta tak ketinggalan pula untuk program-program permainan. Bahkan jika menonton tv banyak tampilan yang dibantu dengan animasi untuk lebih menarik perhatian pemirsa.Contohnya adalah Toy Story (1995), merupakan film pertama yang di produksi oleh The Walt Disney Company secara penuh menggunakan teknologi grafika komputer. Sejak saat itu, mulailah studio animasi digital lain untuk membuat film serupa. diantaranya Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions (Paramount Pictures and Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony Pictures Animation (Columbia Pictures) dan DreamWorks dan lain sebagainya.
Metode Pembuatan Animasi
Manual
Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. Seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator. Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti cars, nemo, toy story dan lainnya. Karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia dan tentu sudah dilebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain).
Motion Capture
Metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian diaplikasikan ke objek digital. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya misalnya pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf dan beberapa film dengan spesial efek seperti Lord of the ring, Last samurai (animasi kuda).
Dynamic simulation
Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan dianimasikan, lalu disimulasikan secara realtime. Terdapat beberapa penghitungan sebelum objek dianimasikan misalnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lainya. Contoh animasi yang menggunakan metode ini adalah animasi bola jatuh, percikan air, benda hancur dan beberapa contoh lainya.
Particle
Sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya
Jenis-Jenis Animasi
Animasi 2D (Dua Dimensi)
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa disebut juga dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang berarti gambar yang lucu. Memang, film kartun ini kebanyakan film yang lucu.
Animasi 3D (Tiga Dimensi)
Perkembangan teknologi dan dunia computer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah perkembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud aslinya.
Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
Sofware Pembuat Animasi
Berikut adalah beberapa software yang digunakan dalam pembuatan animasi:
Berbayar
Toom Boom
TVPaint
Adobe AnimateOpenToonz
Blender
Krita
Sumber:
google.com
https://prpm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpqo5-Jurnal-YUN-animasi.pdf
https://prpm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hptM4-Jurnal-Zulfian-implementasi%20grafika%20animasi.pdf
Komentar
Posting Komentar